Jenis-jenis minuman beralkohol

Tentu semua orang pasti sudah tahu apa itu alkohol? jika belum tahu maka akan kami jelaskan kembali. Alkohol adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol sendiri adalah bahan psikoaktif yang menyebabkan orang yang mengkonsumsinya mengalami penurunan kesadaran. Tentu para peminum alkohol pasti sering mengalami hal tersebut, apalagi dikonsumsi dengan berlebihan. Tapi banyak juga para peminum alkohol tidak mengetahui jenis-jenis minuman beralkohol. Padahal alkohol sendiri mempunyai banyak jenisnya.

Untuk itulah akan kami beberkan tentang jenis-jenis minuman beralkohol yang juga wajib anda tahu terutama anda yang sering minum alkohol. Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Mengenal Jenis-Jenis Minuman Beralkohol

1. Wine

Jenis-jenis minuman beralkohol - wine

Jenis minuman alkohol yang pertama adalah wine atau anggur. Wine adalah minuman beralkohol yang dibuat dari sari buah anggur jenis vitis vinifera yang biasanya hanya mampu tumbuh di daerah 30 hingga 50 derajat lintang Utara dan Selatan. Wine termasuk salah satu minuman yang paling banyak disukai di beberapa negara. Seperti Perancis, Italia, Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Australia, Argentina, Rusia, Cina dan Rumania.

Anggur atau wine sendiri juga terbagi dalam beberapa jenis yaitu Red Wine, White Wine, Rose Wine, Sparkling Wine, Sweet Wine dan Fortified Wine. Biasanya perbedaan dari jenis-jenis wine tersebut adalah dari warna dan aromanya. Kadar alkohol dari wine sendiri juga biasanya berkisar antara 8% hingga 15%. Jika kadar alkoholnya di atas angka tersebut, maka itu adalah jenis Fortified Wine yang memang mempunyai kadar alkohol tinggi.

2. Brandy

Jenis-jenis minuman beralkohol - brandy

Brandy adalah minuman yang berasal dari bahasa Belanda yaitu Brandewijn. Minuman jenis ini sebenarnya adalah minuman anggur hasil distilasi dan biasanya memiliki kadar alkohol sekitar 40% hingga 60%. Bahan yang terkandung di dalam minuman ini sebenarnya bukan hanya anggur, melainkan juga pomace (ampas buah anggur sisa pembuatan minuman anggur) atau fermentasi sari buah.

Di dalam budaya Barat, Brandy termasuk minuman yang disajikan sesudah makan. Biasanya brandy dari pomace atau sari buah biasanya akan langsung diminum tanpa harus melalui proses pematangan di dalam tong kayu.

3. Whisky

Jenis-jenis minuman beralkohol - whisky

Kata Whiskey/Whisky sebenarnya berasal dari bahasa Gaelik Skotlandia dan dari bahasa Irlandia. Whisky adalah minuman beralkohol yang berasal dari fermentasi serealia yang mengalami proses mashing (dihaluskan, dicampur air serta dipanaskan), dan hasilnya melalui proses distilasi sebelum dimatangkan. Setelah melalui proses pematangan, minuman ini selanjutnya akan disimpan di dalam tong kecil dari kayu (biasanya kayu ek).

Catatan tertua mencatatkan bahwa whisky berasal dari tahun 1405 di Irlandia dan dibuat oleh para biarawan. Tetapi ada juga catatan lain yang mengatakan bahwa whisky berasal dari Skotlandia pada tahun 1496 dan juga dibuat oleh para biarawan. Biarpun begitu, para peneliti yakin bahwa whisky sudah ada sejak beberapa ratus rahun sebelumnya. Karena whisky saat itu dibuat dibanyak tempat dan tidak dicatat secara khusus akibatnya sejarah tentang pertama kali whisky dibuat menjadi simpang siur.

4. Vodka

Jenis-jenis minuman beralkohol - vodka

Vodka adalah minuman beralkohol yang mempunyai kadar cukup tinggi dan juga tidak berwarna. Biasanya minuman vodka disuling dari gandum yang di fermentasi terlebih dahulu. Kadang alkohol dari minuman vodka biasanya sebesar 35% hingga 60%. Vodka Rusia klasik biasanya mengandung 40% kadar alkohol.

Menurut Museum Vodka yang ada di St. Petersburg, Rusia, salah satu ahli kimia asal Rusia, Dmitri Mendeleev berpendapat bahwa kandungan yang sempurna dari vodka adalah 38%. Tetapi karena minuman beralkohol saat itu dikenakan pajak berdasarkan kandungan alkoholnya, maka persentase kadar alkoholnya dinaikkan menjadi 40% untuk mempermudah perhitungan pajaknya.

5. Champagne

Jenis-jenis minuman beralkohol - champagne

Champagne adalah minuman anggur putih yang mempunyai gelembung yang dihasilkan di kawasan Champagne di Perancis, sekitar 90 km di Timur laut Paris. Salah satu wilayah penghasil champagne yang terkenal adalah Reims. Champagne biasanya hanya diminum ketika acara-acara khusus seperti perayaan tahun baru dan juga perayaan-perayaan lainnya. Champagne yang bagus juga pada umumnya mempunyai warna kekuningan.

PROMO: Situs Poker IDN

6. Jagermeister

Jenis-jenis minuman beralkohol - jagermeister

Jagermeister adalah sejenis liqueur dengan kandungan alkohol sekitar 35% dengan rasa herbal. Minuman jenis ini juga dibuat menggunakan 56 sari tumbuh-tumbuhan. Dari 56 jumlah sari tersebut, 50 sari sudah ketahui sedangkan 6 lagi masih tetap dirahasiakan.

Jagermeister adalah salah satu produk utama dan unggulan dari Mast-Jagermeister AG yang berpusat di Wolfenbuttel sebelah Selatan Braunschweig, Jerman. Awalnya, liqueur ini dibuat sebagai obat untuk mengobati segala jenis penyakit dari batuh hingga masalah pencernaan. Tetapi akhirnya dikembangkan menjadi minuman alkohol dan sudah banyak diekspor ke berbagai negara di dunia.

7. Sake

Jenis-jenis minuman beralkohol - sake

Jenis-jenis minuman alkohol selanjutnya ada Sake. Minuman ini adalah minuman beralkohol dari Jepang yang berasal dari fermentasi beras. Banyak juga yang menyebutnya dengan istilah anggur beras.

Cara pembuatan sake juga tercantum dalam buku pertama yang muncul di tahun 700 setelah masehi. Nyatanya, tidak di semua wilayah Jepang memiliki arti Sake yang sama. Di Kyushu Selatan saja, sake artinya adalah minuman yang disuling. Di Okinawa, sake merujuk ke minuman yang terbuat dari tebu. Sedangkan di ibukota Jepang, Sake berarti minuman beralkohol.

8. Rum

Jenis-jenis minuman beralkohol - rum

Rum adalah minuman beralkohol yang didapatkan dari hasil fermentasi dan distilasi dari molase (tetes tebu) atau air tebu yang merupakan produk samping industri gula. Nantinya rum hasil dari distilasi akan berwarna bening dan disimpan untuk dilanjutkan ke proses pematangan di dalam tong yang dibuat dari kayu ek atau kayu jenis lainnya.

Rum sebenarnya mempunyai kadar alkohol yang berbeda-beda. Rum putih biasanya digunakan hanya sebagai pencampur koktail. Sedangkan rum berwarna cokelat keemasan biasanya digunakan untuk memasak, membuat kue dan juga bisa sebagai pencampur koktail. Rum sendiri dikenal sebagai minuman perompak dan Angkatan Laut Angkatan Inggris.

9. Absinthe

Jenis-jenis minuman beralkohol - absinthe

Absinthe adalah minuman beralkohol yang diberi perisa adas atau anise dan dibuat dari apsintus atau wormwood. Minuman alkohol ini dibuat dengan mendistilasi alkohol dengan daun-daunan seperti adas, fennel, apsintus, ketumbar, daun tiffany, hisop, juniper dan pala.

Absinthe pertama kali dibuat pada tahun 1972 oleh Pierre Ordinaire yang juga berprofesi sebagai dokter asal Perancis yang tinggal di Swiss. Awalnya dirinya membuat minuman ini hanya sebagai obat, karena kandungan apsintus yang dikenal bisa menyembuhkan penyakit.

Sayangnya, dengan kadar alkohol mencapai angka 68% harus membuat minuman ini dilarang dikonsumsi di beberapa negara pada waktu itu. Tetapi seiring berjalannya waktu, minuman ini sudah tidak dilarang asal tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Nah itulah tadi beberapa ulasan singkat mengenai jenis-jenis minuman alkohol yang wajib anda tahu. Ingatlah bahwa mengkonsumsi alkohol tidak boleh berlebihan karena akan menyebabkan anda mudah kehilangan kesadaran.

Share: