Anti Mainstream! Ini Dia 5 Minuman Unik Dari Asia Tenggara

Minuman unik dari Asia Tenggara

Asia Tenggara memang dikenal oleh wisatawan mancanegara sebagai salah satu wilayah kuliner yang mempunyai keragaman unik. Unik ini bisa berupa rasa, bentuk, hingga bahan baku di dalam suatu makanan atau minuman tersebut. Bahkan bukan hanya unik saja, kuliner yang ekstrim pun ada di Asia Tenggara. Masing-masing dari negara sejatinya memang mempunyai kuliner unik, tapi tidak seunik dari negara Asia Tenggara ini. Seperti minuman unik dari Asia Tenggara ini yang jarang sekali anda temukan di negara manapun.

Jika anda berkunjung ke salah satu negara yang mempunyai minuman unik ini, maka tentu saja anda wajib sekali mencobanya. Nah untuk itulah akan kami berikan rekomendasi 5 minuman unik dari Asia Tenggara yang bisa anda coba nanti.

5 Minuman Unik Dari Asia Tenggara

1. Air Mata Kucing, Malaysia

Minuman unik dari Asia Tenggara - air mata kucing

Mungkin jika dilihat hanya sekilas, minuman ini lebih mirip seperti es teh manis biasa. Nyatanya memang benar warnanya hampir mirip seperti es teh manis. Hanya saja Air Mata Kucing ini dilengkapi dengan beberapa irisan buah lengkeng yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Nama air mata kucing juga muncul dari buah lengkeng yang ada di dalamnya.

Menurut sejarah masyarakat disini, buah lengkeng dalam bahasa Malaysia berarti air mata kucing. Biji buah lengkeng yang berwarna hitam serta daging buahnya yang berwarna putih sangat mirip sekali dengan mata kucing. Bukan hanya buah lengkeng saja yang ada di dalam minuman ini, ada juga campuran lo han kuo (sejenis buah rambat asal Cina), buah kundur, gula dan air.

2. Oliang, Thailand

Minuman unik dari Asia Tenggara - oliang

Thailand memang dikenal sebagai tempat para pecinta kuliner, dari yang aneh hingga yang ekstrim. Salah satunya ada minuman yang sangat unik yaitu Oliang. Padahal Thailand mayoritas berisi orang-orang yang tidak begitu mencintai kopi. Hal tersebut yang membuat mereka berinovasi dengan minuman yang bernama Oliang.

Minuman ini bahan dasarnya adalah kopi, hanya saja ditambahkan beberapa campuran seperti rempah dan biji-bijian. Nah bahan-bahan itu adalah kapulaga, biji wijen, sari beras, sari kedali dan sari jagung sebagai pemanis alami. Biasanya oliang juga ditambahkan dengan susu kental manis agar rasanya semakin menyegarkan.

3. Kopi Joss, Indonesia

Minuman unik dari Asia Tenggara - Kopi joss

Tentu saja anda tahu dengan nama minuman yang sudah ada dari jaman dahulu kala yaitu Kopi Joss. Kopi yang terkenal dari kota Yogyakarta ini memang menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta.

Kopi joss sendiri menjadi salah satu minuman unik karena penyajiannya yang ditambahkan dengan bara api dan dicelupkan di dalam gelas kopi tersebut. Bunyi joss setelah proses pencelupan bara ke gelas kopi tersebutlah yang membuatnya dikenal dengan nama kopi Joss. Kopi ini juga sangat enak diminum saat bara apinya masih dalam keadaan panas. Apa anda sudah pernah mencobanya?

4. Halo Halo, Filipina

Minuman unik dari Asia Tenggara - halo halo

Mungkin nama minuman ini agak sedikit aneh yah buat orang Indonesia. Karena kata halo sendiri mengandung arti sapaan kepada seseorang. Tapi bukan itu yang akan kita bahas disini, melainkan keunikan dari minuman halo halo yang ada di Filipina. Jika dilihat sekilas, mungkin nampak seperti es campur di Indonesia hanya saja lebih berwarna.

Memang benar yang membedakan Halo halo dengan es campur adalah isinya yang lebih didominasi oleh buah-buahan. Seperti nangka, nira, pisang, daging kelapa, dan juga tambahan lainnya ada sagu, ketan, jagung, susu kental manis, dan es krim. Wow varian di dalamnya lebih lengkap dibandingkan dengan es campur.

5. Lao Lao, Vietnam

Minuman unik dari Asia Tenggara - Lao lao

Nah yang terakhir adalah salah satu minuman beralkohol asal Vietnam atau whisky yang cukup ekstrim di Vietnam. Jika melihat dari gambar saja anda tentu sudah bisa membayangkan hewan apa yang terdapat di dalam minuman tersebut. Menurut kepercayaan masyarakat disini, dengan menambahkan jenis reptil melata dan serangga yang sudah diawetkan ke dalam proses fermentasi akan membuat rasa dari minuman tersebut akan lebih nikmat.

Minuman ini juga mengandung kadar alkohol sebesar 40% layaknya whisky. Dan minuman ini juga biasanya digunakan sebagai penyedap untuk beberapa masakan khas Vietnam. Lao Lao juga hanya diproduksi oleh komunitas warga di sebuah desa di pinggiran Sungai Mekong yang bernama desa Ban Xang Hai.

Itulah tadi beberapa ulasan singkat tentang minuman unik dari Asia Tenggara, kira-kira anda berminat untuk mencoba yang mana terlebih dahulu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *