Cara Merawat Wajan Besi Masak Yang Benar

Wajan besi merupakan sebuah alat masak yang sangat penting dan kini sangat diminati oleh banyak orang di dunia, terutama buat mereka yang memang hobi memasak. Dimana dengan adanya wajan anda pun bisa memasak berbagai jenis masakan dan pastinya lewat wajan perut anda pun bisa kenyang. Akan tetapi sayangnya masih saja banak orang yang belum mengetahui cara merawat wajan besi yang baik dan benar.

Padahal jika anda mampu merawatnya dengan baik, maka hal ini juga dapat berpengarih pada masakan anda juga. Bahkan menurut penelitian bahwa dengan anda merawat wajan dengan baik, maka tingkatan kematangan pun akan juga menjadi baik dan aman untuk di konsumsi. Dan buat anda par pemula ibu rumah tangga, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk anda menyimak ulasan cara merawat wajan yang terdapat dalam dapur anda.

Ulasan Cara Merawat Wajan Besi

Gunakan Dengan Baik

Cara Merawat Wajan Besi Masak Yang Benar

Cara merawat wajan besi yang pertama adalah anda harus menggunakannya dengan sangat baik. Mungkin hal seperti ini bagi sebagian orang sering sekali di sepelekan. Paahal jika anda mampu merawatnya dengan baik, maka wajan anda akan tetap bagus dan mampu bertahan lama. Sedangkan jika cara pemakaiannya saja sudah kasar, maka hal ini dapat memperpendek wajan anda dan jelas hal ini merugikan apabila satu tahun dipakai tetap wajan besi anda sudah rusak. Jadi pakailah dengan baik.

Bersihkan Setelah Dipakai

Cara Merawat Wajan Besi Masak Yang Benar

Kedua cara merawat wajan besi lainnya adalah bersihkan jika setelah dipakai. Perlu anda ketahui bahwa kebanyakan orang sering sekali membiarkan wajan hingga berhari-hari dibiarkan dan dipakai kembali tanpa di cuci. Jika hal ini seperti anda terus melakukannya, maka tentu saja dapat merusak lapisan permukaan wajan. Apalagi jika anda memakainya dengan menggunakan api yang besar dan nantinya bawah wajan akan terlihat hitam dan akan susah untuk di cuci. Dan perlu anda ketahui juga bahwa sebetulnya wajan ini untuk proses pencucian tidak perlu memakai sabun, asal dibilas dengan air saja itu sudah cukup. Namun anda tidak bole membiarkannya terlalu lama.

Keringkan – Cara merawat wajan besi

Berikutnya cara merawat wajan besi lainnya adalah dikeringkan. Biasanya kebanyak orang mencuci wajan itu dan setelahnya hanya dibiarkan basah-basah saja. Akan tetapi jika anda terus melakukan hal seperti itu, maka jelas salah. Dimana yang ada setelah anda mencucinya dengan bersih. Maka anda harus lap sampai kering. Usahakan kain yang dipakai mempunyai ketebalan sangat baik, jika tidak maka bisa menyebabkan kelembaban dan hal ini dapat memicu wajan anda menjadi mudah keropos.

Taruh Di Tempat Yang TepatCara Merawat Wajan Besi Masak Yang Benar

Terakhir yang harus anda lakukan anda menaruhnya di tempat yang sesuai. Mungki kebanyakn ibu rumah tangga jika sudah selesai memasak, dengan menu yang banyak dan juga sudah di cuci. Maka taruhnya di sembarangan tempat, seperti anda menyatukannya dengan piring dan juga sendok makan anda. Jika anda menaruhnya disitu jelas salah. Sehingga anda harus menaruhnya di tempat yang sejuk dan benar-benar kering. Jika memang anda mempunyai wajan dengan penutupnya, maka anda sumpel pembatasanya dengan tissue, dimana hal ini untuk menghindari pergesekan.

Jadi itulah sejumlah cara  yang tepat untuk merawat wajan besi anda. Semoga dengan apa kami bagikan ini dapat membantu anda. Dan semoga juga wajan yang anda punyai mampu memiliki umur panjang lama. Sekian dan terimakasih.

Share: